Vodka Pertajam Pemikiran Kreatif

Kini ilmuwan punya bukti bahwa minum minuman beralkohol membuat sosialisasi menjadi lebih menyenangkan. Studi menunjukkan bahwa minuman beralkohol mempertajam pemikiran kreatif.

Peneliti mengambil sampel 40 orang, semua pria, dan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok peminum dan bukan peminum. Dua puluh orang peminum saat menonton film sambil ngemil diberi minuman hingga kadar alcohol dalam darah mencapai 0.075 persen, sedang kelompok lain tidak diberi minuman beralkohol. 

Setelah menonton film, kelompok peminum mengerjakan tes yang memerlukan kemampuan khusus untuk memecahkannya, seperti satu kata dihubungkan dengan tiga kata yang lain. Contoh, kata pit untuk  peach, arm, dan tar. Rata-rata kelompok peminum memerlukan waktu 11,5 detik untuk menyelesaikan tes, disbanding 15,2 detik untuk nonpeminum.

Peneliti dari University of Illinois di Chicago mempublikasikan penelitian ini ke jurnal Consciousness & Cognition, dan publikasi ini dianggap penting. Tidak hanya mereka lebih baik dalam menyelesaikan tes verbal, tetapi mereka bisa menemukan solusi lebih mendalam.

About satwiko

jurnalis yang senang keluyuran

Posted on Maret 23, 2012, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Tapi pemicu kreatif ini pasti tetap punya resiko kan?

    Saya pernah dengar, setiap minum alkohol, beberapa sel otak mati fungsi. Mungkin karena mati fungsi ini, sel lain yg masih hidup, dipaksa bekerja lebih keras.

    Ini subjektif sih :p

Tinggalkan komentar