Pukulan Hantu Muhammad Ali

Muhammad Ali seperti tampak dalam gambar berhasil menganvaskan Sony Liston dalam pertarungan kedua antara mereka pada 25 Mei 1965. Ali berhasil mengkanvaskan Liston di ronde pertama. Namun sejatinya dalam pertarungan itu, Ali tidak tahu persis pukulan apa yang menyebabkan lawannya terjerembab. Lho?

Menurut saksi mata di ring side, Ali menginginkan Liston bangun dan bertarung kembali.Ia berteriak, “Get up and fight, sucker!” kejadian ini diabadikan oleh juru foto Neil Leifer  Ali juga lupa jenis pukulan apa kalau betul ia memukul yang menyebabkan Sony Liston mencium kanvas.

Setelah Ali dinyatakan menang, ia masih bingung dan bertanya kepada timnya apakah ia mendaratkan pukulan mistis? Dalam tayang ulang, memang Ali mendaratkan pukulan di sebelah kanan kepala Liston, tetapi diragukan pukulan itu yang menyebabkan KO. Orang di ring side kemudian menamakan pukulan ini phantom punch (pukulan hantu)

Keanehan lain dari pertandingan ini ialah soal penghitungan oleh wasit. Umumnya, wasit menghitung petinju yang KO setelah lawannya kembali ke sudut netral. Faktanya, Ali belum kembali ke sudut netral dan Ali dinyatakan menang KO. Liston sendiri terkapar di kanvas selama 20 detik.

Menurut rumor saat itu, Liston tidak mau melawan Ali karena mendapat tekanan oleh kelompok mafia. karena banyak utang pada gerombolan jahat itu. Liston sendiri mengaku takut melawan Ali, tetapi takut itu akibat paksaan atau bukan Liston tidak menjelaskan.

About satwiko

jurnalis yang senang keluyuran

Posted on Mei 29, 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar